Jumat, 18 Januari 2008


Setiap orang yang datang mengunjungi jogyakarta pasti kenal dengan makanan yang namanya Bakpia. Tidak ada yang tahu asal-usul mengenai bakpia ini, yang jelas di Yogyakarta ini bakpia terkenal didaerah didaerah Pathuk tepatnya disebelah barat atau belakang pusat malioboro. Didaerah pathok ini banyak sekali orang yang memproduksi makanan khas yogya, tentu saja masih ada jenis makanan lain khas yogyakarta, misalnya gudeg, geplak, dan yangko.

Hampir disetiap toko atau pejual bakpia pinggir jalan didaerah pathok pasti kita akan menjumpai bakpia. Bakpia yang bentuknya bulat pipih rasanya manis dan gurih pasti akan membuat semua orang ketagihan untuk mengincipinya dan merasa akan datang dan berkunjung lagi di Yogyakarta.

Pada dasarnya Bakpia mempunyai dua rasa yaitu rasa kacang ijo dan kumbu kacang ijo, tapi pada perkembangan jaman bakpia mempunyai berbagai rasa, selain rasa kacang ijo dan kumbu kacang ijo bakpia juga mempunyai rasa keju dan rasa coklat.

Berikut adalah resep bakpia yang saya ketahui:


Bahan isi:

1 kg kacang iji kupas

1/2 kg gula pasir

1 st vanili

50 ml air


Bahan kulit:

150 gr Tepung terigu cakra

150 gr Tepung terigu segitiga

100 ml Minyak sayur

100 ml air


Cara membuat:

Bahan isi: kacang iji direndamh kurang lebih selam 3-4 jam, kemudian direbus sampai rembuk. Setelah embuk dihaluskan. Air dan kulang dimasak hingga mendidih, setelah mendidih kacang ijo yang sudah dihaluskan dimasukkan dan diaduk terus hingga kalis.


Bahan kulit: Tepung terigu cakra dan segita dicampur diberi air dan minyak sayur oleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan. diamkan selama 15 menit.

pipihkan adonan kulit hingga tipis, ambil adonan isi lalu dipanggang dalam oven. setiap 5 lima menit keluarkan dan balik. siap dihidangkan

Tidak ada komentar: